Robo Ponsel merupakan web yang menyediakan informasi tentang spesifikasi, ulasan dan harga ponsel serta memberikan layanan perbandingan ponsel.

Baterai handphone kembung merupakan masalah yang sering terjadi pada perangkat elektronik seluler. Selain merusak tampilan yang indah, baterai kembung juga dapat membahayakan keselamatan pengguna. Berdasarkan penjelasan dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa penyebab baterai handphone kembung dan cara mencegahnya:


Overcharging (Pengisian Daya Berlebihan) Salah satu penyebab utama baterai handphone kembung adalah pengisian daya berlebihan atau overcharging. Saat baterai telah terisi penuh, namun masih tetap dihubungkan dengan pengisi daya, arus listrik akan terus masuk ke baterai. Akibatnya, baterai terus mengalami pemanasan hingga pada akhirnya kembung.

Cara mencegahnya: Hindari melebihi waktu pengisian daya yang dianjurkan oleh produsen. Umumnya, waktu pengisian daya penuh pada telepon seluler berkisar antara 2-3 jam. Jangan terlalu sering meninggalkan pengisian daya pada koneksi listrik jika baterai sudah mencapai kapasitas 100%.


Overuse (Penggunaan Berlebihan) Overuse atau penggunaan berlebihan juga dapat membuat baterai handphone kembung. Saat Anda terus menggunakan telepon seluler dalam waktu yang lama, arus listrik dalam baterai terus keluar hingga akhirnya baterai terlalu panas dan kembung.

Cara mencegahnya: Gunakan telepon seluler Anda dengan bijak dan sesuai kebutuhan saja. Hindari penggunaan yang berlebihan terutama pada waktu yang lama. Jangan menggunakan ponsel dalam keadaan terlalu panas atau saat baterai mengalami pemanasan.


Pengisian Daya Tidak Sesuai Salah satu faktor lain yang dapat menyebabkan baterai handphone kembung adalah pengisian daya yang tidak sesuai. Beberapa pengisi daya yang digunakan pada telepon seluler tidak cocok atau terlalu kuat sehingga arus listrik terlalu besar dan membuat baterai menjadi terlalu panas dan kembung.

Cara mencegahnya: Gunakan pengisi daya yang disertakan dengan telepon seluler Anda atau pengisi daya yang direkomendasikan oleh produsen. Jangan menggunakan pengisi daya yang tidak resmi atau secara sembarangan karena dapat merusak baterai Anda.


Itulah beberapa penyebab baterai handphone kembung dan cara-cara mencegahnya. Meskipun baterai kembung tidak bisa diperbaiki, Anda masih bisa memperpanjang masa pakai dari baterai. Dalam hal ini, selalu berhati-hati dan bijaksana dalam mengelola baterai handphone Anda.

Dipublikasikan: 5/15/2023 01:39:00 AM
Labels: Artikel.

No comments:

Post a Comment

Entri Populer (7 Hari Terakhir)